Jumat, 18 November 2011

PASAR DAN PEMASARAN

PENGERTIAN PASAR :
Kelompok Individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli dan berminat merealisasikan pembelinya.

PENGERTIAN PEMASARAN :
Kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit)  guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

JENIS-JENIS PASAR :
Pasar Konsumen :
Sekelompok pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsi, bukan dijual atau diproses lebih lanjut.

Pasar Industri :
Pasar yang terdiri individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk dipakai lagi, baik langsng maupun tidak langsung, dalam memproduksi barang lain kemudian dijual.

Pasar Penjual :
Individu dan organisasi yang membeli barang untuk dijual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba.

Pasar Pemerintah :
Pasar dimana terdapat lembaga pemerintah, seperti : departemen, direktorat, kantor dinas dan instansi lain.

KONSEP-KONSEP INTI PEMASARAN :
Konsep Produksi :
Konsumen menyukai produk yang tersedia dan selaras dengan kemampuan dan manajemen berkonsentrasi pada efisiensi produksi dan distribusi.

Konsep Produk :
Konsumen menyukai produk yang bermutu dan kinerja baik serta keistimewaan yang mencolok, manajemen harus memperbaiki terus-menerus produknya.

Konsep Penjualan :
Konsumen tidak akan membeli banyak produk kecuali manajemen melakukan usaha promosi dan penjualan yang baik.

Konsep Pemasaran :
Penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan pemberian kepuasan secara lebih efektif dan efisien dari yang dilakukan pesaing.

BAURAN PEMASARAN :
Bauran pemasaran atau Marketing Mix adalah kombinasi dari empat variabl atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi.

TUJUAN SISTEM PEMASARAN :
1) Memaksimumkan konsumsi
2) Memaksimumkan kepuasan konsumen
3) Memaksimumkan mutu hidup

PENDEKATAN DALAM MEMPELAJARI PEMASARAN :
Pendekatan serba fungsi :
Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu : pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar.

Pendekatan serba lembaga :
Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang, dsb.

Pendekatan serba barang :
Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri.

Pendekatan serba manajemen :
Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil.

Pendekatan serba sistem :
Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, lembaga.

Sumber : http://www.slideshare.net/opexs/pemasaran

1 komentar:

  1. Nama toko: Abadi Xerox
    Pendiri :Heri
    berdiri :16 maret 2002
    anggota: heri, istri, dan adik ipar

    faktor lingkungan makro:
    -di tempat ini dekat dengan sekolah2
    -berada dekat dengan jalan raya sehingga strategis
    -jarak antara penyedia bahan dan alat2 foto copy dekat
    -tidak ada tempat foto copy selain beliau di tempat ini jadi persaingan aman
    -pelanggan bisa terjangkau karena tempat strategis

    faktor lingkungan mikro:
    -perekonomian dalam usaha fotokopi ini cenderung stabil tapi terkadang hanya ada masalah kecul seperti kenaikan bahan baku dan kerusakan mesin.
    -Teknologi dalam usaha fotokopi ini setiap tahun memang ada perkembangan namun beliau tetap menggunakan mesin lamanya karena masih layak pakai.

    Tujuan: Untuk mencari penghasilan di bidang percetakan fotokopi ini

    Modal awal: sekitar @Rp. 15.350.000 untuk pembelian:
    -mesin foto kopi
    -bahan seperti kertas,tinta dll
    -ATK
    -membayar sewa tempat
    -listrik dan biaya2 lain
    Keuntungan yang di dapat per bulan ± 2.000.000

    Pendelegasian: Foto kopi ini beliau delegasikan sepenuhnya kepada istri dan adik iparnya apa bila beliau ada urusan lain diluar tempat usahanya tersebut.

    Kendala dalam usaha fotokopi ini:
    -pemadaman listrik yang kadang kala terjadi
    -kerusakan mesin yang lama di perbaiki
    -cuaca yang tidak memungkinkan pelanggan untuk datang, seperti: hujan lebat dll.

    BalasHapus